8 Ciri Ciri Tupai

Tupai adalah hewan pengerat yang suka hidup dipohon untuk tidur dan mencari mangsa. Ciri ciri tupai yang paling utama adalah ekor panjang dan pandai melompat-lompat pada batang pepohonan.

Tahukah kamu? Dahulu tupai sering dianggap sebagai hama karena suka memakan buah-buahan seperti kelapa dan kacang-kacangan. Namun sekarang mulai banyak yang menyukainya sebagai hewan peliharaan eksotis.


Masih banyak orang yang keliru membedakan ciri ciri tupai dengan bajing, karena memang memiliki kekerabatand dari bentuk fisiknya. Berikut adalah ciri ciri khusus tupai:

1. Memiliki ekor yang panjang

Panjang ekor tupai hampir sama dengan panjang tubuhnya. Ekor tersebut berguna untuk menjaga keseimbangan saat berlari dan melompat pada batang pohon.

2. Ekor berfungsi sebagai alat kemudi dan keseimbangan

Saat melompat antar batang pohon, tupai menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan, dengan cara memberikan beban pada sisi tupai yang bermasalah agar tetap seimbang saat di udara.

3. Pandai melompat

Dengan tubuhnya yang ramping, tupai dapat melompat dengan lincah dan menjaga keseimbangannya dengan baik.

Saat melompat tupai meregangkan kaki depan dan belakngnya dan ekornya di pipihkan sehingga dapat melayang dalam waktu yang singkat.

4. Tupai adalah hewan pengerat

Sama seperti hewan pengerat lainnya contohnya tikus, tupai memiliki gigi besar dibagian depannya yang digunakan untuk memakan buah dengan tekstur keras seperti kelapa, buah, dan biji-bijian.

5. Suka memakan buah yang berkulit keras

Sesuai dengan fungsi gigi depannya yang bisa menghancurkan cangkang keras, tupai menyukai buah-buahan berkulit keras seperti kelapa, kenari, cemara, dan kacang-kacangan.

6. Dapat jatuh bebas hingga ketinggian 9 meter

Tubuhnya yang ramping dan kakinya yang elastis membuat tupai jarang mengalami cidera saat turun dari ketinggian bebas hingga 9 meter.

Hal tersebut terjadi karena tupai meregangkan kaki-kakinya dan ekornya untuk memperlambat penurunan dan dengan kaki elastis mampu menjaga hentakan saat tubuh mendarat pada tanah.

7. Memiliki mata yang jeli

Meskipun pengerat, tupai memiliki mata yang jeli untuk memperkirakan arah pergerakannya pada batang pohon yang ramping.

8. Dapat melompat antar dahan pohon hingga 4 meter

Dengan kemampuan penglihatan yang jeli dan tubuh yang ramping, tupai dapat melompat jauh dengan lincah. Sehingga banyak yang menggap tupai pandai meloncat-loncat.