14 Ciri Ciri Khusus Katak

Ciri khusus katak memiliki keunikan tersendiri dibandingkan hewan lain, karena katak dapat hidup di dua alam yaitu di air dan di darat.

Selama fase hidupnya katak mengalami metamorfosis sehingga bentuk tubuhnya berubah-ubah sejak lahir hingga dewasa.


Berikut ciri khusus katak yang penting diketahui beserta fungsinya.

1. Memiliki kulit yang licin

Kulit katak dilindungi oleh mukus berlendir yang dapat melindunginya dari panas matahari, gesekan benda, dan memudahkan berenang di air.

Selain itu pada kulit katak terdapat banyak pembuluh darah sehingga dapat membantu penyerapan oksigen pada pernafasn katak secara difusi.

2. Dapat hidup di air dan darat

Katak dapat hidup baik di darat maupun di air, setelah dewasa katak bernafas dengan paru-paru dan dibantu dengan kulitnya untuk menyerap oksigen dalam kondisi lembab.

Sifat hewan yang bisa hidup di air dan darat disebut juga sebagai Amfibi.

3. Bernafas dengan insang pada fase muda

Katak dilahirkan dengan bertelur dan menetas di air, sehigga pada fase muda bernafas dengan insang dan hidup di perairan tenang dan berenang dengan ekor.

4. Bernafas dengan paru-paru dan kulit pada fase dewasa

Setelah dewasa tubuhnya mengalami metamorfosis sempurna dan dapat hidup di darat maupun di air. Pada fase dewasa ini katak bernafas menggunakan paru-paru yang dibantu dengan kulitnya untuk menyerap oksigen.

5. Mengalami metamorfosis sempurna

Katak termasuk salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna karena bentuk fisik pada fase muda dan dewasa memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pada fase muda katak bergerak dengan cara beranang, sedangkan pada fase dewasa katak bergerak dengan cara berenang, berjalan, dan melompat.

6. Tidak memiliki ekor

Setelah dewasa katak tidak memiliki ekor. Namun pada fase mudah memiliki ekor untuk berenang. Fase muda katak disebut beludru.

7. Kaki berselaput

Agar dapat bergerak bebas di air, katak memiliki selaput pada kedua kakinya yang berfungsi untuk mendayung air saat berenang, menggali, serta mengubur dirinya sebagai bentuk pertahanan diri saat katak melakukan hibernasi dalam tanah.

8. Kaki belakang lebih besar daripada kaki depan

Kaki belakang katak lebih besar daripada kaki bagian depan. Hal ini karena kaki belakang katak berperan besar saat melakukan lompatan dan pendayungan saat berenang.

9. Memiliki suara yang khas

Katak memiliki suara khas yang bersal dari rongga kerongkonan yang depat mengembang. Pada rongga tersebut katak mendengungkan angin sehingga menimbulkan suara yang khas.

10. Posisi telinga terletak di belakang mata

Posisi telinga katak berada di belakang mata sehingga memudahkannya saat berenang dan terhindar dari gesekan air pada telinga bagian dalam.

11. Mata katak menonjol sebagian

Mulut katak maju kedepan, sehingga matanya yang menonjol dapat membantunya mendapatkan penglihatan yang labih baik baik ke depan maupun ke samping.

12. Lidah yang panjang dan lengket

Lidah katak terdapat pada bagian depan rongga mulut, berbeda dengan manusia yang lidahnya berada di rongga belakang.

Posisi lidah tersebut berfungsi untuk menggulung ke dalam karena lidah katak panjang dan lengket yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.

13. Memiliki tungkai kaki yang terlipat

Tungkai kaki katak berbentuk melipat karena kakinya yang panjang untuk membantunya saat melompat.

14. Berpindah tempat di darat dengan cara melompat

Pada fase dewasa, katak dapat melompat tinggi dengan bantuan tungkai kakinya yang panjang.