Es Krim Khas Italia Gelato

Es krim khas italia yang selalu jadi primadona pada musim panas menjadi incaran para penikmat kuliner manis. Bagaimana tidak? Es krim ini memiliki tekstur lembut dan padat memberikan cita rasa kemudahan saat menyantapnya.

Es krim khas italia ini biasanya disebut juga Gelato yang berasal dari bahasa italia yang artinya “es krim”. Es krim ini memilki cita rasa susu yang sangat kuat, karena bahan utamanya menggunakan susu murni segar.

Bagi anda pecinta es krim yang ingin mencoba es krim khas italia ini, yuk simak artikel ini.


Kenapa es krim italia Gelato banyak disukai?

Tidak seperti es krim yang lain yang bertekstur lembut dan mudah cair, es krim khas italia gelato bertekstur lembut dan padat dan bisa bertahan hingga 5 menit pada suhu ruangan atau tidak mudah meluber.

Tekstur lembut dan padat tersebut diperoleh dari proses pembuatannya yang menggunakan mesin hard ice cream dengan bahan-bahan adonan yang kualitas tinggi salah satunya susu sapi segar. Kandungan lemak pada gelato biasanya berkisar 8% lebih baik daripada es krim yang lain yang biasanya memiliki kadar lemak 14% s.d 17%.

Harga es krim khas italia ini biasanya untuk kemasan cup kecil dihargai Rp 20.000 hingga Rp 25.000 rupiah saja. Cukup mahal memang, namun sebanding dengan kualitas rasa dan proses pembuatan khususnya.

Sejarah dibuatnya es krim khas italia gelato

Ada yang unik dari sejarah asal muasal es krim italia ini, karena sebelum membuat es krim susu, orang italia jaman dulu membuat es krim dari salju, nasi, susu, rempah-rempah lainnya, sehingga teksturnya masih keras.

Melalui distribusi resep makanan oleh marco polo dari dartan Cina, maka muncullah penggunaan susu sebagai bahan utamanya.

Penggunaan susu oleh masyarakat China

Pada jaman dahulu, maasyarakat Cina mempunyai kebiasaan membekukan makanan, bumbu-bumbu tertentu, dan susu pada salju agar lebih tahan lama dan tidak mudah busuk.

Susu yang direndam pada salju tersebut menjadi beku, dan tanpa disadari menjadi makanan yang disukai masyarakat sekitar. Makanan beku ini biasa dijual wilayah jalan Khanbaliq yang sekarang disebut Beijing.

Susu beku tersebut ada yang dicampur dengan es serut dan juga buah-buahan untuk memberikan rasa yang berbeda-beda.

Petualangan Marco Polo di dataran China

Marco Polo seorang pedagan dan penjelajah yang berasal dari italia mengunjungi China untuk menjelajah dan berdagang. Karena kegemarannya yang selalu menjelajah berbagai negara dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar, Marco Polo dikenal sebagai sejarawan terkenal.

Dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya, Marco Polo membawa resep penggunaan susu beku yang selanjutnya merubahan cara pembuatan es krim di Italia, yang awalnya menggunakan es serut.

Lahirnya es krim khas italia gelato

Sekitar tahun 1.500 Bernardo Buontalenti seorang arsitek terkenal dan memiliki kemampuan kuliner ditugaskan oleh keluarga Medici untuk membuat makanan khusus yang awalnya dinamakan sorbet (es serut) diganti bahan dasarnya dengan susu, kuning telur, anggur manis, lemon, jeruk, dan madu. Es krim ini kemudian disajikan kepada Raja Spanyol, Charles V. yang sekarang disebut dengan Gelato.

Dari penemuan tersebut, gelato menjadi es krim gelato sangat disukai oleh keluarga bangsawan dan tekrenal sebagai makanan favorit.

Pembuatan mesin gelato pertama

Meskipun gelato pertama kali ditemukan oleh Bernardo Buontalenti, yang berhasil mempopulerkannya adalah Francesco Procopio dei Coltelli melalui pembuatan mesin pembuat gelatonya.

Pada tahun 1686, Francesco Procopi bersama seorang koki dari Palermo berhasil menyempurnakan mesin gelato pertama sehingga es krim gelato mudah dikenal oleh orang awam.

Selanjutnya mulai tahun 1920 an, es krim khas italia gelato mulai dijual oleh para pedagang kaki lima sampai sekarang ini.